Jumat, 23 Maret 2012

REVOLUSI AMERIKA


Revolusi Amerika:

1.  Revolusi Amerika berawal dari: Pertentangan Inggris terhadap koloni-koloninya di benua Amerika. Pemerintah Inggris Sebagai negara induk merasa berhak membebankan pajak yang tinggi terhadap koloni-koloninya. Tentu saja koloni-koloni menolak pajak yg dibebankannya itu. Pertentangan ini menyebabkan:
a.  terjadinya Perang Kemerdekaan Amerika (1775 – 1783) dan 
b.    terbentuknya pemerintahan Amerika Serikat yang merdeka penuh.

2.    Sebab-sebab Perang Kemerdekaan Amerika:
a. Jajahan Inggris di Amerika tidak didirikan oleh pemerintah Inggris, tetapi  diciptakan oleh pelarian-pelarian agama yang tidak tahan hidup tertekan di Inggris karena agamanya dilarang pemerintah Inggris. Mereka keluar dari Inggris mencari kebebasan hidup dan mendarat di Amerika. Karena itu, maka orang-orang Amerika sangat mencintai kebebasan dan kemerdekaan. Tetapi Inggris menganggap Amerika itu sebagai tanah jajahannya dalam arti yang kolot.

b.  Inggris memerintahkan hasil bumi Amerika (tembakau, gula, kapas) boleh dijual hanya kepada Inggris dan Amerika hanya diperbolehkan membeli barang-barang kebutuhannya dari Inggris saja (monopoli perdagangan). Dengan ini harga dapat dipermainkan orang-Inggris itu.
c.    Inggris yang butuh uang untuk mengisi kekosongan kas negara karena biaya untuk Perang Tujuh Tahun (1756 – 1763) memaksa Amerika juga untuk membayar pajak yang berat, arena Perang Tujuh Tahun itu juga berarti perluasan daerah dan perlindungan bagi Amerika.Amerika mau membayar pajak asal Amerika mendapat perwakilan di Parlemen Inggris. Tetapi Inggris (raja George III) memaksanya, dan suasana menjadi tegang.
Catatan: Perang Tujuh Tahun (1756 – 1763) antara Inggris >< Perancis (penyebabnya Inggris ingin meluaskan daerah kekuasaanya di Lousiana,  Amerika yang merupakan jajahan Perancis. Dalam perang ini Perancis kalah)

3.    Sebab Khusus:
Kapal teh di Boston Pada tahun 1774 berlabuh di Boston 3 kapal Inggris yg memuat teh untuk Amerika. Atas teh ini Amerika juga harus membayar pajak kepada Inggris. Amerika menolak, dan menyamar sebagi orang Indian kemudian membuang teh itu ke laut. Inggris marah dan menghukum Boston.Orang Amerika lainnya membela Boston, dan terjadilah perang Inggris VS  Amerika (1774) yg dipimpin oleh George Washington. 

4.    Kesimpulan:
a.    Semula, Amerika adalah jajahan Inggris.
b.    Penduduk Amerika berasal dari pelarian Inggris.
c.    Perang Tujuh Tahun adalah wujud penjajahan/ekspansi Inggris di Amerika 
d.  Yang diinginkan dalam Revolusi Amerika adalah kebebasan dan kemerdekaan dari  penjajahan/pengekangan Inggris. 

sejarah patung liberty di amerika serikat :